Instruksi

5 Langkah agar Kehamilan Tetap Sehat

Saat hamil kesehatan harus dijaga. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar saat kehamilan tetap sehat. Ada yang menempuh cara alami dan ada juga cara medis. Keduanya memang sama-sama baik, sehingga apa pun usahanya pasti memiliki fungsi yang berbeda. Berikut langkah agar kehamilan tetap sehat.

  1. Konsultasi dengan Dokter atau Bidan

Langkah pertama untuk mengetahui kesehatan di era masa kini yaitu dengan periksa ke dokter. Hal ini penting agar dokter atau bidan dapat mempersiapkan keperluan selama kehamilan hingga jelang persalinan. Anda bisa mendapatkan saran untuk menjalani masa kehamilan sejak awal.

Pemeriksaan rutin ke dokter dapat mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi selama kehamilan dan menyarankan langkah perawatan hamil sehat. Sehingga selama masa kehamilan Anda mengetahui perkembangan kesehatan kandungan dengan detail.

  1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, seperti karbohidrat, buah dan sayuran, sumber protein, vitamin, dan mineral penting seperti kalsium, folat, dan zat besi. Kondisi kandungan yang sehat dibutuhkan 300 kalori ekstra dalam 6 bulan pertama kehamilan.

Jika merasa kurang, Anda bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dosis yang dianjurkan dokter. Vitamin prenatal juga dijual di apotek maupun toko obat lainnya. Anda bisa mengonsumsinya selama kehamilan.

  1. Batasi Hubungan Intim

Saat masa kehamilan, Anda masih boleh melakukan hubungan intim. Namun dalam trimester pertama dan ketiga, Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Beberapa gaya seks tidak dianjurkan karena bisa berbahaya untuk janin Anda. Sehingga Anda bisa konsultasi pada dokter dulu apakah kondisi janin cukup kuat sehingga Anda bisa melakukan hubungan intim.

  1. Olahraga Teratur

Meski hamil, olahraga juga sangat diperlukan. Anda harus berolahraga khusus ibu hamil. Kekuatan dan daya tahan tubuh diperlukan untuk menanggung perut yang bertambah besar. Olahraga ini juga sangat berguna untuk mengembalikan bentuk tubuh ke semula setelah melahirkan.

Olaharaga yang bagus untuk ibu hamil misalnya jalan cepat, berenang, yoga, dan senam kegel. Pastikan saat berolahraga Anda merasa nyaman. Namun jangan sampai Anda terlalu kelelahan sehingga bisa membuat bahaya kandungan Anda.

  1. Istirahat Cukup

Kelelahan yang Anda alami pada bulan pertama masa kehamilan disebabkan oleh tingginya kadar hormon kehamilan dalam tubuh. Hal ini disebabkan tubuh memperlambat aktivitasnya. Meletakkan bantal di bawah perut dapat meringankan punggung yang tegang atau sakit.

Olahraga juga bisa membantu untuk mengatasi sakit punggung. Selain itu, Anda bisa mencoba teknik relaksasi aman selama masa kehamilan seperti peregangan, pernapasan, yoga, atau pijat ibu hamil. Anda juga bisa tidur sebentar pada siang hari jika merasa lelah.

Anda bisa melakukan beberapa hal agar kandungan tetap sehat, antara lain dengan menghindari hal yang berbahaya dan melakukan aktivitas yang dianjurkan oleh dokter atau bidan Anda. Selama masa kehamilan, nutrisi, aktivitas, dan istirahat harus seimbang agar janin tetap sehat dan Anda bisa kuat hingga jelang masa persalinan.